Jumat, 20 April 2012

Hari ke-2 UN (1)

17 April 2012


Hari kedua pelaksanaan UN 2012. Mata pelajaran yang diujikan untuk hari ini ada dua: Bahasa Inggris dan Fisika. Cukup menguras tenaga sampai siang.


Sekali lagi di pagi hari sudah ada sms kunci jawaban untuk bahasa Inggris. Jawaban tersedia untuk 5 paket soal. Namun kali ini kunci jawaban listening tidak ada, ya maklumlah kan di lembar soal tidak ada opsi pertanyaan untuk listening. Jika ditelisik lagi seandainya kunci jawaban itu benar, berarti dengan 35 jawaban yang dikirimkan (tanpa 15 jawaban listening) kita sudah mengantongi nilai 70. Itu kalau jawabannya benar, kalau salah ya jangan percaya.


Mulai pembagian soal dan lembar jawab untuk kali ini berjalan cepat. Jam 7.50 lembar jawab dan lembar soal sudah ada di meja kami. Lumayan menghemat waktu untuk pengisian identitas yang memerlukan ketelitian lebih karena bagian ini yang terpenting selain jawaban di lembar jawab. Seandainya ada kesalahan dalam mengisi identitas ini bisa berakibat fatal, bisa jadi kita tidak lulus gara-gara salah mengisi kode soal apalagi salah mengisi nomor peserta.


Saat itu pengawasnya sepasang laki-laki, yang satu agak tua dan satunya lagi cukup muda. Kedua pengawas iniu ramah terhadap kami, tidak ada rasa tegang jika dijaga oleh kedua pengawas itu.


Jam 8.10 soal listening mulai diperdengarkan lewat speaker yang berada di plavon kelas. Suara si cewek jelas terdengar, sedangkan suara si cowok tak begitu jelas. Kayaknya pas rekaman si cowol.sambil ngemut permen kali ya makanya suaranya ga jelas gitu. Selesai listening kemudian dilanjutkan mengerjakan soal selanjutnya, pertama dibuka masih semangat halaman berikutnya sudah loyo lihat bacaannya yang panjang kaya rel kereta. Mata melotot mengikuti alur cerita, tapi tetap saja malas membacanya apalagi kata-katanya sulit dipahami. Tapi ini ujian, mau tidak mau harus tetap dikerjakan kalau ingin lulus. Banyak jawaban beredar melalui sms, beberapa sms mengidentifikasikan jawaban yang berbeda membuat semakin bingung saja ini. Akhirnya pada keputusan diri sendiri, yang sudah terlanjur dihitamkan tak isah diganti. Selesai tepat waktu untuk hari kedua mata ujian pertama.


Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar