Jumat, 19 November 2010

Mainan Baru untuk Generasi Berikutnya


Apakah video game akan membuat mainan usang?
Sebuah artikel baru pada Koran The Independent (Inggris), mengajukan pertanyaan menarik.
Mereka bertanya: "Apakah video game akan membuat mainan tradisional menjadi usang?" Sampai sekarang, aku tidak benar-benar memikirkannya. Namun, aku pikir itu pertanyaan yang layak untuk dibahas.
Dalam 15-20 tahun terakhir, munculnya industri video game bernilai US$ 60 milyar telah meroket. Industri ini telah berjaya dari sekedar hobi yang biasa menjadi sebuah industri besar yang sekarang menghasilkan pendapatan lebih banyak daripada Hollywood.
Video game sangat populer sekarang sehingga semua orang mulai dari anak-anak sampai dengan kakek-kakek tahu memainkannya.
Bagaimana dengan mainan? Apakah orang-orang masih bermain dengan boneka figur aksi, mobil miniatur dan pistol atau senjata palsu? Apakah anak-anak masih menikmati hal-hal ini, atau hiburan digital telah mengambil alih peran tersebut?
Nah, pasti banyak alasan sehingga orang berpikir bahwa industri mainan telah memudar.
Games, terutama yang dari variasi online, telah menjadi sumber standar untuk hiburan bagi ratusan juta orang. Lagi pula, jauh lebih menyenangkan bermain dengan mainan hewan piaran online daripada bermain dengan boneka-bonekaan.
Perbedaan terbesar antara mainan tradisional dan video game adalah faktor multipemain. Tidak ada mainan yang bisa membuatmu bermain bersama ribuan orang, dan itu alasan besar mengapa popularitas video game semakin meningkat.
Namun, sedikit prematur untuk mengatakan bahwa industri mainan tradisional akan mati. Perusahaan seperti Mattel masih menyapu pendapatan miliaran dolar setahun. Bukan hanya itu, tidak semua orang mampu untuk membeli konsol canggih dan game mereka.
Ini tidak akan lenyap dalam waktu dekat.
Sebagian besar penduduk negara-negara berkembang masih hanya mampu membeli mainan tradisional. Ini tidak akan berubah dalam waktu dekat.
Jadi sangat mungkin bahwa kedua industritersebut akan terus tumbuh. Pada akhirnya, banyak anak-anak yang akan bermain dengan boneka tokoh-tokoh aksi dan menggunakan imajinasi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar